Cara Membuat dan Memasang Disclaimer di Blog

Sering mendengar kata Disclaimer? tapi kita nggak tau apa itu disclaimer? Termasuk saya dulu. Jadi alangkah lebih baik jika kita tau dulu apa itu disclaimer. Sebenarnya sudah banyak blogger yang sudah membuat tutorial ini, tapi tidak salahnya saya membuatnya lagi blog ini, hitung-hitung malatih ingatan saya. 


Disclaimer adalah aturan-aturan atau peraturan yang ada pada suatu halaman website atau situs yang diberikan kepada pihak auditor terkait dengan hal-hal yang berhubungan dengan website atau situs tersebut dan merupakan perlindungan bagi pemiliknya. Sampai sini faham ya?



Apa sih tujuan dipasang diclaimer?

Tujuan pemasangan disclaimer pada suatu halaman blog adalah untuk menginformasikan kepada pengunjung blog, website atau situs tersebut agar dalam berinteraksi pada halaman tersebut, baik itu berupa komentar, share, upload dan lain sebagainya agar lebih serba saling menghargai antara sesama pengunjung dan pemilik web, website atau situs tersebut.


Sebagai sesama pengguna internet sikap saling menghargai itu sangat penting. Walaupun tidak saling mengenal antara pengunjung dan pemilik halaman tersebut. Tapi tetap ada etika dan saling menghormati harus dijaga. Betul?? 



Berikut langkah-langkah membuat dan memasang Disclaimer :



Cara Membuat Disclaimer.

Pertama kunjungi situs pembuat disclaimer, cari saja yang free, salah satunya ini http://www.privacypolicyonline.com/disclaimer-generator/. Klik saja link tersebut. kemudian isilah kolom-kolom seperti dengan gambar dibawah ini.

  • Your Site Title : Isilah dengan nama julul blog anda, Contohnya "ANAKBARTO.COM", "Tutotial Blog" dan lain sebagainya. 
  • Your Site URL : Isilah dengan link alamat blog anda, contohnyahttp://anakbarto.blogspot.com/.
  • Contact Link  : Isilah dengan link dimana pembaca bisa menghubungi anda, misalnya Google Plus mungkin atau kalau diblog anda sudah ada link contact, bisa anda cantumkan link contact anda, contohnya http://anakbarto.blogspot.com/p/contact.html.
  • Email address  : Isilah dengan email anda.
Setelah semua kolom sudah diisi, pilih Encrypt Email with HTML (untuk mengizinkan email ke dalam generator disclaimer tersebut) dan klik Generator Diclaimer. Kita akan di arah suatu halaman dan copy semua code yang ada dihalaman tersebut. untuk sementara simpan. Kemudian kita lanjutkan langkah ke cara memasang disclaimer pada blog.


Cara Memasang Disclaimer.

1. Masuk ke Dasboard Blog ==> Laman  ==> Laman Baru.


2. Setelah berada dilaman baru, pastekan code yang sudah kita simpan tadi. Note : pastekan code ini di bagian HTML jangan dibagian compose. Oke!




Jangan lupa beri judul untuk laman tersebut denga judul Dislaimer dan terakhir klik Publikasikan.



Done and Finish..!! :)


LihatTutupKomentar