Tips Menulis Bagi Pemula


Menulislah

Menulis merupakan salah satu aktifitas yang bisa membuat kita menjadi abadi. Karena nama kita akan dikenang selama tulisan kita menjadi landasan atau pegangan orang lain dimasa depan.

Sebagai contoh coba lihat Ulama-ulama terdahulu yang menulis kitab, baik berupa tafsir, kitab fiqih, dan lainnya sehingga menjadi rujukan bagi setiap muslim dalam melaksanakan ibadah dan mengamalkan sunnah.


Lantas bagaimana dengan kita? Tetap berusaha menjadi lebih baik adalah kunci bagi setiap orang tanpa terkecuali.


Hari ini sempat saya membaca artikel tentang tips dalam menulis yang dikutip dari salah satu publishing lokal, dalam artikel tersebut kita diberi tips-tips untuk bisa menulis satu buku dalam satu tahun.

Baca juga: 5 Kesalahan Dalam Menulis Bagi Pemula


Yang pertama adalah niat, ini sudah barang pasti bagi setiap apapun yang kita perbuat harusnya diawali dengan niat.

Lalu berikutnya ialah menambah wawasan salah satunya dengan membaca, karena untuk menambah kosa kata dan mengetahui ide-ide baru untuk kita tulis.

Nah, dalam tantangan tiga puluh hari menulis ini merupakan hal ketiga yang menjadi tipsnya, sehingga kita menjadi mudah dan terbiasa dalam menulis, dimulai dengan menyelesaikan tantangan ini. Mau apapun yang kita tulis, terserah, menulis saja.

Meluangkan waktu menjadi kunci penting dalam tips ini, karena banyak orang gagal menulis karena terkendala dengan waktu, dengan berbagai alasan. Jadi kita usahakan untuk meluangkan waktu berapapun waktu itu, terserah.

Memiliki teman yang sama-sama suka atau belajar menulis merupakan hal penting, guna sebagai pemacu kreatifitas dan wadah untuk saling berbagi kritik dan saran. Mudahnya dengan berkomunitas, ayo gabung dengan komunitas menulis, apapun itu, terserah.

Yang terakhir adalah berani. Inti dari semua tips yang ada dari atas tadi adalah kita harus berani melakukan semuanya. Berani berniat, berani membaca, berani terus menulis seperti ngemil, berani meluangkan waktu, berani ikut komunitas menulis. Kalau tidak berani, ya sudah terserah.

Semoga bermanfaat ya.
LihatTutupKomentar