Perancang di balik salah satu aplikasi terbesar iPad

Gotye mendominasi tangga lagu. The New York Giants memenangkan Super Bowl. Dan iPad dengan cepat mengukuhkan statusnya tidak lebih dari iPhone raksasa — perangkat yang memungkinkan Anda mengonsumsi konten tetapi tidak harus membuatnya.

Perancang di balik salah satu aplikasi terbesar iPad

Saat itulah aplikasi terobosan bernama Paper dirilis. Ini mengubah iPad menjadi kanvas digital apik yang mengubah siapa pun menjadi seniman profesional. Paper akan diunduh lebih dari 30 juta kali — mendapatkan stylus Pensil dan pesaing PowerPointnya sendiri — sebelum perusahaan induknya dijual ke WeTransfer pada tahun 2018 . Kertas membantu mengubah iPad menjadi seperti sekarang ini: sketsa terbesar yang pernah dibuat.


Sekarang Andrew Allen — desainer utama Paper — berharap dia menemukan paradigma besar desain aplikasi berikutnya dengan perusahaan barunya, Andy . Dia meninggalkan WeTransfer pada awal 2020 dan menghabiskan tahun lalu bekerja dengan tangannya, membuat dinding panjat sendiri dan jam ramah anak. Dan pengalaman itu membawanya ke apa yang dia rilis hari ini bersama guru teknis Mark Dawson: Tiga aplikasi iPhone. (Tidak Membosankan) Cuaca . Kalkulator (Bukan Membosankan) . Dan Timer (Tidak Membosankan) .

Perancang di balik salah satu aplikasi terbesar iPad

Versi aplikasi ini tersedia gratis di setiap iPhone, tetapi Allen memiliki desain yang maksimal. Antarmuka ditampilkan di mesin permainan Apple sendiri, dengan grafik 3D yang sebenarnya, bukan antarmuka datar dan minimal. Mengapa? Karena Allen ingin memajukan desain perangkat lunak.


“Ponsel kita saat ini hampir berbeda dengan iPhone 1 ketika diluncurkan 15 tahun lalu. 23 kali resolusi. 313 kali CPU. 700 kali lipat kemampuan pemrosesan grafisnya, ”cetus Allen. “Dan inilah hal yang menyedihkan. Lihat iOS 1, dan aplikasi dasar Weather and Calculator, mereka hampir tidak berubah. . . . Jika Anda kembali 14 tahun yang lalu dan berkata, 'Ponsel masa depan ini akan 700 kali lebih kuat!' bayangkan software apa yang akan kami jalankan. Kami tidak akan membayangkan ini! "


Sementara perusahaan seperti Facebook telah menggunakan semua resolusi dan kekuatan pemrosesan baru ini untuk menjelajahi headset realitas virtual, perangkat lunak yang kami miliki di ponsel dan tablet telah jatuh ke dalam kebiasaan font sans serif dan menu hamburger. 


Konvensi ini sebagian besar baik untuk pengguna. Kapan terakhir kali Anda membuka aplikasi yang tidak tahu cara menggunakannya secara instan? Tetapi mereka juga kurang variasi dan gagal memaksimalkan kemampuan kekuatan pemrosesan iPhone yang terus meningkat.


Bagi Allen, bekerja dengan tangannya, membangun proyek furnitur selama tahun liburnya yang membuka pemikirannya.

Perancang di balik salah satu aplikasi terbesar iPad

“Ada hal-hal tertentu [seperti furnitur] yang sering Anda gunakan dan Anda ingin mempertimbangkan mana yang Anda beli. Mereka adalah cerminan cita-cita dan nilai-nilai Anda, ”kata Allen. [Tapi] begitu Anda mencoba membawa mentalitas itu ke dunia digital, semuanya berbeda. Tiba-tiba, tidak ada variasi pilihan. "


Allen bercita-cita agar aplikasinya menjadi sesuatu yang lebih seperti bir kerajinan, atau kursi panjang Eames, untuk dunia perangkat lunak. Mereka hampir dirancang secara berlebihan untuk menjadi pernyataan unik bagi diri mereka sendiri.


Ambil aplikasi cuaca barunya. Ini menampilkan suhu dalam jenis huruf 3D raksasa. Gambar awan dan matahari hidup di atasnya. Lirik layar untuk pertama kalinya, dan Anda akan menyadari bahwa ini tidak seperti aplikasi cuaca yang pernah Anda lihat. Tapi periksalah lebih dekat, dan Anda akan menemukan perhatian tersembunyi di antarmuka.


Pertama, jika Anda menahan ibu jari Anda pada suhu, Anda dapat memutarnya, seperti sebuah benda. Ketuk di awan, dan mereka akan mengatur ulang dirinya secara berbeda setiap saat. (Apa yang Anda lihat sebenarnya adalah algoritme yang membuat dan menciptakan kembali jumlah awan yang tepat untuk menggambarkan persentase yang tepat dari kekeruhan di langit pada saat ini.)


“Semuanya dapat disadap, tidak ada yang mati,” jelas Allen, mencatat nada seperti lonceng yang sering dibuat oleh angka dan gambar saat Anda menyentuhnya, tanpa alasan selain kesenangan Anda sendiri.

Perancang di balik salah satu aplikasi terbesar iPad

Jika hujan, Anda tentu saja akan melihat hujan. Tetapi jika berangin, hujan itu benar-benar akan bertiup — dan akan bertiup ke arah yang benar. Bagaimana? Allen mereferensikan kompas ponsel Anda untuk mengetahui cara Anda menghadap, lalu menampilkan hujan untuk merespons sudut pandang Anda. (Sekali lagi, ini adalah keuntungan Allen benar-benar merender aplikasi ini dalam mesin game 3D lengkap, bukan dalam lapisan 2D dan animasi, seperti kebanyakan aplikasi lain.)


“Kami tidak berharap orang akan memperhatikan ini,” kata Allen tentang animasi hujan. “Tapi itu menambahkan untuk memberi Anda koneksi yang lebih langsung dengan data sebenarnya.”


Dan kemudian, di bagian bawah layar, aplikasi ini memiliki fitur penggeser cuaca yang apik. Anda dapat menggosok jempol Anda di atasnya untuk melihat siklus cuaca hari itu di layar Anda. Geser ke kanan, dan Anda akan melihat tampilan sepanjang minggu. (Data saat ini ditarik dari OpenWeather , seperti banyak aplikasi cuaca lainnya.)


Antarmukanya baru dan merayakan diri sendiri. Sepertinya bersenang-senang karena menyampaikan informasi. Dan saya juga bisa mengatakan hal yang sama untuk aplikasi pengatur waktu dan kalkulator.


Terinspirasi oleh video game, Allen menyembunyikan telur Paskah di dalam aplikasinya, yang memungkinkan Anda membuka kunci kulit baru sehingga Anda dapat mengubah warna dan tekstur antarmuka. Di masa mendatang, ia berencana menugaskan artis untuk mengembangkan lebih banyak skin untuk aplikasi di setiap season. Beberapa akan menjadi jalur warna baru, yang lain mungkin membayangkan antarmuka dengan cara yang jauh lebih abstrak, hanya untuk itu.


Bagaimana dia bisa berinvestasi begitu banyak untuk aplikasi sederhana ini? Allen dengan berani menagih langganan. Untuk menggunakan aplikasi ini — dan aplikasi utilitas yang lebih sederhana yang rencananya akan dirilisnya di masa mendatang — dia meminta $ 15 per tahun. Dan jika Anda bersedia membayar $ 70 per tahun, Anda akan mendapatkan akses ke skin edisi terbatas khusus.


Model bisnis ini sangat berhasil untuk properti di dunia video game, seperti Fortnite dan Call of Duty , yang mengenakan biaya langganan musiman untuk membuka item dan skin baru. Namun, game-game itu memiliki puluhan juta pemain yang bersemangat. Allen hanya membuat aplikasi iPhone utilitas di sini. Akankah benar-benar ada penonton?

Perancang di balik salah satu aplikasi terbesar iPad

“Ini tidak akan menjadi produk pasar massal. Ini adalah produk khusus, ”kata Allen. “[Ini untuk] orang tertentu yang menghargai jenis desain ini. Itu tidak akan pernah menjadi mayoritas orang. Kami seperti itu. "


Memang, tidak peduli berapa banyak orang yang benar-benar berlangganan untuk menggunakan aplikasi ini, ini pada akhirnya merupakan langkah positif bagi dunia desain yang ada. Aplikasi Allen benar-benar mengingatkan saya pada apa yang kami lihat di masa-masa awal App Store, ketika pengembang independen menggunakan sesuatu yang sederhana seperti aplikasi cuaca dasar untuk melihat dan menjelajahi antarmuka eksperimental dan visualisasi data.


Perbedaannya sekarang, adalah iPhone kita adalah superkomputer di saku kita. Mereka benar-benar mampu melakukan lebih dari yang mereka lakukan saat ini; desainer hanya perlu mengambil beberapa risiko terlebih dahulu.

LihatTutupKomentar